Laman

Selasa, 23 Juni 2015

Tips Memilih Daging Ayam yang Segar dan Sehat Menjelang Lebaran


Menjelang lebaran, tentu permintaan daging ayam akan naik secara drastis. Nah, agar bisa mendapatkan daging ayam terbaik untuk opor ayam yang akan kita buat, berikut ini tipsnya:
  1. Cara memilih daging ayam yang segar adalah dengan menggosok kulit ayam. Kamu bisa menggunakan jarimu. Apabila merasakan atau melihat penampakan seperti tepung saat digosok, kamu patut curiga karena ayam itu kemungkinan telah dicuci atau dilumuri bahan kimia. 
  2. Untuk mengetahui apakah daging ayam yang dibeli mengandung borak atau tidak, kamu bisa melihat dengan cara mengamati apakah ada lalat yang hinggap pada daging ayam tersebut. Jika tidak ada lalat, daging ayam tersebut aman.
  3. Seperti halnya daging, daging ayam juga mempunyai bau khas. Bila yang dicium bau anyir, segeralah pindah ketempat penjual ayam yang berbeda.
  4. Dari segi warna daging, daging ayam yang baik adalah yang berwarna putih krem sedikit kemerahan.Umumnya, ayam yang masih segar memiliki warna yang cerah dan merah muda tanpa ada warna-warna lainnya seperti bintik-bintik memar dan kehitaman.
  5. Coba kamu tekan daging ayam yang akan dibeli. Jika kembali ke bentuk semula atau kenyal, daging ayam tersebut dalam kondisi baik.
  6. Di supermarket, daging ayam yang dijual dikemas plastik dan sudah di potong-potong bagian-bagian tubuhnya. Untuk memilih ayam yang sudah dikemas, kamu bisa mengamati warna, tekstur daging, dan apakah kemasan tersebut masih tertutup rapat atau tidak.
  7. Jangan terpengaruh dengan murahnya harga karena kualitas harus menjadi nomor satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar