Laman

Sabtu, 13 Juni 2015

14 Khasiat Cokelat Sebagai Dokter Pribadimu, Cekidot!

Coklat mula-mula tumbuh di daerah Amazon Utara sampai ke Amerika Tengah, sampai Chiapas bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan membuat coklat di sepanjang pantai teluk di Selatan Meksiko.
Pada 1000 tahun SM, nama awal Pohon Kakao, berasal dari kata ”Kakawa”. Kata ini digunakan oleh suku Olmec, suku yang berasal dari Teluk Meksiko. Suku ini dikenal sebagai suku yang membangun peradaban besar pertama Mesoamerika. Dengan kata lain, 1000 tahun SM Bangsa Olmec sudah membudayakan pohon kakao.
Dari sisi sejarahnya, pada tahun 1828, Revolusi Industri telah memekanisasi pembuatan cokelat dan membawa harga cokelat dalam jangkauan publik. Conrad Van Houten, seorang ahli kimia Belanda, belajar untuk menekan lemak kakao keluar dari biji cokelat yang dihaluskan (chocolate liquor). Kemudian terciptalah chocolate liquor. Chocolate liquor adalah cairan coklat yang merupakan kombinasi dari padatan kakao dan lemak coklat (cocoa butter). Hal ini memungkinkan produksi bubuk kakao.
Suasana hati (mood) seseorang sangat mempengaruhi kreativitas. Orang yang memiliki suasana hati yang gembira akan dapat menemukan ide-ide yang tak biasa dan dapat mengerjakan segala sesuatu dalam kurun waktu yang lebih cepat daripada suasana hati seseorang yang buruk. Artinya, suasana hati yang selalu baik dan gembira harus selalu dijaga. Nah untuk memelihara suasana hati yang gembira, kita harus memperhatikan asupan makanan dan minuman. Salah satu caranya adalah memakan atau minum secangkir coklat panas yang akan menjaga suasana hati dan meningkatkan suasana hati.



Nah bukan hanya sebagai penghilang suasana hati yang buruk (badmood). Namun, coklat banyak pula manfaatnya bagi kesehatan, diantaranya:

1. Mencegah penyakit jantung
Sebuah cokelat dapat membantu kita untuk mencegah penyakit jantung karena mengandung sejumlah bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%.

2. Menurunkan tekanan darah
Sama seperti sayuran, coklat juga memiliki sifat dan manfaat yang mirip. Coklat mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini membantu menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol
Makan coklat juga membantu Anda dalam menurunkan kolesterol jahat alias LDL. Disamping menurunkan LDL cokalt juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

4. Anti depresan
Coklat bisa menjadi teman ketika mengalami masalah, bete, kesepian, patah hati, atau sedang down. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

5. Kandungan lemak rendah
Coklat sangat rendah lemak. Kamu tak perlu khawatir soal masalah berat badan asal jangan mengonsumsi dengan jumlah yang besar.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Flavonoid dalam cokelat membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah selama 2-3 jam setelah Anda mengonsumsinya. Dengan melebarkan pembuluh darah di otak, flavonoid meningkatkan aliran darah.

7. Menghindari kelelahan kronis

Kelelahan merupakan ancaman bagi kesehatan seseorang karena menyebakan sakit kepala, tubuh nyeri, jantung, dan masalah pernapasan. Namun, makan sekitar 50 gram coklat per hari dapat membantu untuk menghindari rasa kelelahan yang berat.

8. Menghambat penuaan
Keuntungan lain dari mengonsumsi cokelat adalah dapat membantu dalam menghambat penuaan. Contohnya, menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Coklat mengandung antioksidan alami untuk menunda penuaan.

9. Coklat meningkatkan kesehatan mata
Dengan mengonsumsi coklat, kita bisa mendapatkan manfaat meningkatnya kesehatan mata. Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju ke retina meningkat dengan baik dan dapat membantu memperbaiki penglihatan.

10. Coklat mengurangi risiko kanker
Kakao atau coklat mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, yaitu mengaktfikan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor.

11. Coklat meningkatkan produksi insulin alami.
Dengan mengonsumsi coklat, kita sama saja dengan meningkatkan produksi insulin secara alami. Hal ini juga membantu menurunkan resiko terkena diabetes lho.

12. Coklat dapat menghaluskan kulit

Flavanols yang terdapat pada coklat bisa melindungi kita dari sinar UV, menjaga kelembaban kulit, dan menjaganya untuk tetap bersinar. Coklat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit. Bintik-bintik hitam dan kulit kasar akan tereleminasi dari kulit.

13. Coklat membantu kita untuk menurunkan berat badan
Coklat bukan hanya memberikan efek senang akan tetapi juga dapat membantu dalam program diet yang ingin dilakukan. Coklat yang kaya akan serat seperti halnya roti, gandum, dan buah.

14. Coklat sangat baik untuk Kesehatan otak
Coklat juga bisa meningkatkan kecerdasan. Coklat bisa membuat syaraf-syaraf rileks sehingga dapat membantu sistem kerja otak yang bekerja untuk mengontrol semua organ, termasuk rasa senang untuk menemani aktifitas kita.

Nah, begitu banyak manfaat dari coklat kan? Tak hanya yummy, tapi ternyata dapat menyehatkan tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar